Tuesday, August 14, 2007

je te presente



aku perkenalkan, diver, ilalang, zack, bintang, dan air. sebenernya tadinya ada enam ekor, tapi yang satu mati, bahkan sebelum sempat diberi nama.
mereka adalah ikan-ikanku yang aku beli di hari sabtu yang cerah bersama anto, sahabatku.
ikan black molly, nama ilmiahnya Poecilia Sphenops. hidup di perairan mexico dan columbia. ikan ini termasuk ikan yang kecil, tapi panjang maksimalnya bisa mencapai 12,5 cm untuk betina dan 7,5 cm untuk jantannya.
ikan-ikan ini adalah ikan yang memiliki sifat tidak agresif dan pengen tau. mereka biasanya hidup secara komunal dalam kelompok besar tapi bisa juga hidup dalam kelompok kecil.
mereka lucu-lucu sekali, berwarna hitam dan suka berenag di permukaan (sebenarnya nggak tau juga, suka atau mencari pasokan oksigen yang cukup. tapi menurutku sih mereka memang sedang menikmati udara segar). gerakannya sangat anggun.
beberapa kali aku melihat mereka ber-duck dive bermain akar sirih belanda (kalau ikan, apa masih bisa disebut duck dive ya?).
wah menyenangkan sekali melihat mereka.
sore ini, membeli blubuk-blubuk (bahasa ilmiahnya aerator). yah ini memang hasil tekanan dari beberapa pihak yang menuduhku menyiksa ikan karena tidak dipenuhi asupan oksigennya.
dengan semangat,ditemani rizal, aku membeli blubuk-blubuk tersebut. disebuah toko ikan air laut.
kemudian dengan hati-hati aku pasang blubuk-blubuknya.
dan yang terjadi adalah...
blubuk-blubuknya menyembur terlalu keras, dan membuat ikan-ikanku tergoncang-goncang, dikocok-kocok.
wah.. gawat, bisa jadi fish shake dong..
untunglah ada erik yang baik, yang dengan usaha kreatifnya berhasil mengurangi tekanan blubuk-blubuk tersebut.
yah.. tapi aku tetap khawatir dengan kondisi ikanku.. karena mereka jadi tidak berenang-renang lagi di permukaan. mereka hanya diam di dasar aquarium. semoga mereka hanya butuh waktu untuk membiasakan diri dengan blubuk-blubuknya.
semoga kalian tidak mabuk, aku tidak mau melihat kalian menjadi fish shake besok pagi..

1 comment:

bulb-mode said...

Ikannya masih hidup...? Tiba-tiba aku merasa khawatir...