Tuesday, September 18, 2007

left-brain-sabotage attack


pernah mengalami left-brain-sabotage attack? yaitu saat ketika otak kirimu melakukan boikot dengan menolak bekerja saat dibutuhkan. yang membuat ini parah adalah kau tidak akan menemukan sedikitpun ingatan yang kau cari alih-alih otak kananmu justru dipaksa untuk bekerja dan memikirkan hal-hal yang sebenarnya ingin kau lupakan barang sejenak.
otak kirimu menolak membayangkan karya-karya fotografi yang pernah kau kagumi, dan sebagai gantinya ia memaksamu mengingat pekerjaan-pekerjaan kantor yang belum kau selesaiakan.
ketika temanmu mamandangmu penuh harap untuk mendengarkan idemu, pikiran yang ada di kepalamu adalah laporan kantor yang belum kau buat.
kau akan merasa seperti ditarik jauuuuh meninggalkan lingkaran tempet dudukmu. kalimat - kalimat yang kau dengar seolah olah adalah kumpulan kata-kata tanpa arti yang belum pernah kau dengar sebelumnya. satu-satunya hal yang ingin kau lakukan adalah melepas otakmu dan merendamnya dalam air es yang menyegarkan.
aku baru saja mengalaminya, serangan itu, yang membuatku tersadar bahwa aku kehilangan sense of art ku. seorang fotografer wannabe yang tidak bisa membayangkan sebuah konsep foto, parah ya..
aku baru sadar, sudah lama sekali aku tidak membuat foto. aku memotret, kadang-kadang, tapi tidak berkonsep. hanya memotret hal-hal indah yang kulihat, paling sering ya foto keluarga. tapi membuat foto konsep, aku bahkan lupa kapan terakhir membuatnya.
sekali sempat pengen mencontek ide 'pink man in paradise' (lupa siapa fotografernya) tapi gagal total. karena properti yang kubawa terlalu kecil.
dan akhirnya..
disinilah aku..
diantara buku-buku fotografi, berusaha mengais sisa-sisa ingatan tentang seni dalam otak kiriku ..

2 comments:

bulb-mode said...

Ini berkat pertemuan di Minggu sore? Seharusnya kamu ikut aku aja, dan berjumpa dg Maharaja-ku...pasti otakmu akan segar...

dhiraestria dyah said...

ya.. berkat pertemuan dua malam tentang hal yang abstrak..
hmmm.. Maharajamu itu, lebih enak disajikan dingin atau panas.. :p